Welcome Myspace Comments

Jumat, 14 Oktober 2011

Vacation at Yogyakarta

Hari pertama liburan, kami sekeluarga mengunjungi kota Yogyakarta,  menggunakan pesawat terbang. Pukul 06.30, pesawat yang  kami tumpangi telah lepas landas meninggalkan bandara Soekarno Hatta, menuju bandara Adi Sucipto. Setelah berada di dalam pesawat sekitar satu jam, kami tiba di bandara Adi Sucipto. Setelah mendarat, kami dijemput oleh mobil, yang sebelumnya telah kami sewa. Setelah check in di Hotel Santika, kami menuju kampung ayahku  di Kebumen, Jawa Tengah, untuk berziarah ke makam kakek. Kami menempuh perjalanan sekitar dua jam. Setelah berziarah ke makam, kami mengunjungi sanak saudara ayahku, untuk melakukan silaturahmi. Setelah itu, kami kembali ke hotel. Sebelumnya, kami telah mampir di Mall Malioboro, untuk makan malam. Kami sampai di hotel, sekitar pukul 18.00.
      Keesokan harinya, kami mengunjungi Benteng Vredeburg, yang merupakan peninggalan Belanda.  Benteng ini dibangun oleh VOC pada tahun 1765, sebagai pusat pemerintahan dan pertahanan Gubernur Belanda. Kini benteng Vredeburg, menjadi museum. Di dalam benteng ini terdapat sejumlah bangunan diantaranya diorama tentang sejarah Indonesia. Setelah puas, berputar-putar di Benteng Vredeburg, kami mengunjungi Museum Kereta Kencana Keraton Yogyakarta. Di dalam Museum ini tersimpan 18 kereta kencana, yang memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Kereta ini dianggap sebagai warisan Keraton dan setiap kereta memiliki nama masing-masing. Diantaranya Kereta Nyai Jimat, dan Kereta Jaladara dan lain-lain. Kereta tersebut sebagian besar dibeli pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuono ke VIII, yang dianggap sebagai Sultan yang sukses, karena pada zaman tersebut tidak banyak terjadi peperangan. Terdapat juga beberapa kereta keramat yang diberi pintu penyekat. Setelah puas berputar-putar melihat keindahan kereta kencana, kami memutuskan untuk makan siang di Mall Malioboro. Usai makan siang, kamipun menyempatkan berjalan-jalan di  Malioboro. Tak lupa kami mengunjungi Mirota, salah satu tempat penjualan batik.
      Hari  ketiga di Yogyakarta, kami pindah dari hotel Santika di Yogyakarta, dan memilih menginap di Grand Hyatt, karena ingin mencari suasan baru. Sayangnya kami datang terlalu cepat, padahal waktu check ini di hotel ini sekitar pukul 14:00, setelah menitipkan tas, kami pun memilih berjalan-jalan ke Ambarukmo Plaza. Setibanya di Ambarukmo Plaza, aku langsung menuju toko buku Gramedia, untuk membeli beberapa buku, untuk bahan bacaan di hotel nanti. Usai makan siang kamipun kembali ke hotel.
      Tak terasa liburan empat hari di Yogyakarta, berakhir sudah. Akupun harus segera pulang dan kembali pada rutinitas sehari-hari. Kamipun meninggalkan hotel Grand Hyatt sekitar pukul 11.30 menuju Bandara Adi Sucipto Yogyakarta. Meski singkat, liburan di Yogyakarta sangat berkesan bagiku. Selain bisa refresing usai ujian kenaikan kelas, aku juga sembari menambah pengetahuan dalam pelajaran sejarah. Berikut foto2 nya.

Ini saat di Museum Kereta Kencana Keraton Yogyakarta.

Ini saat berenang di Hotel Santika.