Welcome Myspace Comments

Rabu, 30 November 2011

INVITA 2011

Pada 26 Oktober 2011, seluruh angkatan 19 SMP Labschool Jakarta mengadakan kegiatan INVITA. Kegiatan INVITA diadakan setiap setahun sekali, khusus bagi anak kelas delapan yang bertujuan untuk menambah  wawasan  siswa  dan  siswi  akan  tempat  wisata  yang  akan  dikunjungi. INVITA dilaksanakan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini berlangsung selama lima hari (dua hari di perjalanan, dan tiga harinya berada di Jogja). Pada pukul 2 siang, semua siswa sudah mulai berkeliaran dengan memakai baju bebas, serta menyandang ransel sembari mengangkat koper. Pukul 16.00 waktu Ashar, semua siswa dipanggil ke masjid untuk melaksanakan Shalat Ashar berjamaah, serta mendengarkan pembukaan INVITA yang dibawakan oleh Bapak Ali Chudori. Setelah pembukaan, kami kembali ke gedung BPS untuk mengambil koper, kemudian memasukkan koper tersebut ke dalam bus, setelah itu naik ke dalam bus.

Transportasi yang digunakan adalah bus. Perjalanan menuju Jogja memakan waktu sekitar sebelas jam perjalanan. Kami berhenti untuk makan malam di Sumedang dan menunaikan Shalat Maghrib sekaligus Isya, dan sesekali mampir di pom bensin untuk ke kamar mandi. Di dalam bus terdapat TV dan DVD Player, dan kebetulan salah seorang teman kami membawa kaset DVD horror, karena itu kami memutuskan untuk menonton DVD bersama untuk mengusir kebosanan.

Sesampainya di Jogja, kami berhenti untuk sarapan dan menunaikan Shalat Subuh. Setelahnya kami mengunjungi tempat wisata pertama yaitu Gunung Merapi. Disana kami bisa menyaksikan bekas letusan Gunung Merapi tersebut yang kebetulan terjadi satu tahun silam. Setelah Lava Tour, kami mengunjungi Kraton Yogyakarta. Tempat selanjutnya yang kami kunjungi adalah Pusat Batik Jonggrang. Disana kami bisa melihat secara langsung pembuatan batik tulis, serta bisa membeli kain batik tersebut. Tempat keempat yang kami kunjungi adalah Pusat Pembuatan Perak. Disana kami juga bisa melihat secara langsung pembuatan perak, baik untuk dijual di dalam negeri maupun untuk ekspor. Malamnya kami mengunjungi Sendra Tari Ramayana. Sayangnya, kami hanya menonton sebentar, sebelum turun hujan deras. Kami pun memutuskan untuk kembali ke hotel.

Hari berikutnya kami mengunjungi Pabrik Gula Madukismo. Disana kami bisa melihat langsung pengolahan tebu sehingga dapat menjadi gula. Setelahnya, kami mengunjungi UGD, atau yang dikenal dengan Unit Gawat Dagadu. Tempat selanjutnya yang kami kunjungi adalah Malioboro, untuk Shopping time, sebelum menuju ke Pantai Krakal. Setelah itu kami kembali beristirahat di hotel.

Hari terakhir, kami mengunjungi Bakpia Java. Tempat selanjutnya yang kami kunjungi adalah SMA Taruna Nusantara. Di sana kami juga bertemu dengan alumni Labschool, dan mereka juga sempat menceritakan sedikit mengenai SMA Tarnus ini. Tempat ketiga dan sekaligus yang terakhir yang kami kunjungi adalah Candi Borobudur. Setelahnya kami kembali ke Jakarta.